For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Jangan Panik Mobil Selip Waktu Hujan, Ini Cara Menghadapinya

Jangan Panik Mobil Selip Waktu Hujan, Ini Cara Menghadapinya

Permukaan jalan diguyur hujan jadi lebih licin dan rawan menyebabkan kendaraan mengalami aquaplanning atau selip.

Aquaplanning adalah kondisi ban mobil kehilangan traksi pada permukaan jalan waktu melibas genangan air. Hal ini berbahaya karena membuat kendaraan over steering atau over steering sehingga sulit dikontrol oleh pengemudi.

Biasanya kondisi tersebut disebabkan oleh kurangnya tekanan angin, jumlah genangan di permukaan jalan terlalu banyak, kecepatan tinggi dan atau ban yang sudah gundul.

Maka sebaiknya diantisipasi sejak awal melihat genangan air, segera kurangi kecepatan. Jangan sampai sudah lihat dari jauh, tetapi lanjut menerabas dengan kecepatan tinggi. Mobil dapat terbang, berputar dan melintir akibat sudah tidak bisa dikontrol.

Seperti waktu menaiki speed boat, waktu kecepatan tinggi maka kapal akan terasa terbang ketika menyambar gelombang.

Baca juga: Harga Mobil Mitsubishi Terbaru – Gambar, Review, Cicilan, DP, Dan Promo

Namun bagaimana bila tidak sengaja mengalami Aquaplanning? Berikut cara aman menanganinya dengan aman.

  1. Jangan panik dan jangan injak rem atau menghubah posisi setir secara mendadak. Apalagi dengan sudut belok tajam. Ban dapat kehilangan traksi sepenuhnya dan mobil akan meluncur bebas seperti di atas lapisan es.
  2. Ketika mobil sudah tidak lagi menyentuh jalanan, maka tidak ada gunanya menginjak rem atau pedal gas. Bahkan pada beberapa kondisi justru membuat ban mobil semakin kehilangan traksi pada permukaan jalan.
  3. Ikuti pergerakan mobil dengan hati-hati sampai ban mendapatkan cengkramannya lagi pada permukaan jalan. Tekan rem secara perlahan ketika dirasa ban sudah menapak kembali.

Agar selalu aman saat berkendara, kurangi kecepatan berlebih dan jangan lupa rutin cek kondisi ban. Bila sudah gundul atau tipis, segera ganti karena ban tidak algi dapat memecah genangan air. Berikan tekanan angin yang sesuai dengan standar prosedur resmi.

Untuk yang belum atau baru ingin memiliki mobil baru, bisa memperoleh informasi promo Mitsubishi Xpander di 0821 9003 0068 atau klik otomatis di sini. Karena ada opsi kredit Xpander dengan bunga paling rendah hingga 0 persen, serta DP ringan 10 persen. Yuk, bawa pulang mobil idaman mu sekarang.


Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)