For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Pemilik Mobil Wajib Pahami 10 Indikator Instrumen Mobil Ini

Pemilik Mobil Wajib Pahami 10 Indikator Instrumen Mobil Ini

Pemilik mobil wajib untuk mengetahui kondisi kendaraannya selalu dalam keadaan optimal. Dalam hal ini, panel instrumen mobil berperan penting dalam menampilkan indikator-indikator kondisi mesin dan kelistrikan mobil.

Sering dikenal sebagai speedometer, panel instrumen juga berisikan informasi kecepatan kendaran, putaran mesin dan kondisi bahan bakar.

Selain itu, mobil zaman sekarang memiliki banyak fitur canggih yang indikatornya juga disampaikan melalui panel instrumen.

Lampu tanda peringatan ini biasanya hadir dalam beragam warna untuk memberikan tingkat permasalahan pada mobil. Seperti merah, kuning, hijau atau biru.

Biasanya tanda peringatan yang berwarna merah berarti masalah cukup penting dan membutuhkan pemerikasaan lebih lanjut.

Sementara warna kuning menginformasikan bahwa komponen harus segera diperbaiki di dealer resmi Mitsubishi yang memiliki fasilitas service.

Untuk warna biru dan hijau, indikator tersebut menunjukan bahwa komponen sedang aktif atau digunakan.

Sebetulnya, seluruh tanda peringatan dan simbol pada panel instrumen telah dijelaskan secara lengkap pada buku manual kendaraan.

Jadi jangan panik bila menemukan indikator yang biasanya tidak ada, tiba-tiba menyala. Berikut beberapa informasi indikator yang akan ditemui pada mobil Mitsubishi sekarang ini.

Accu indicator

Jika menyala ketika kendaraan sedang digunakan, menunjukan bahwa terdapat masalah pada sistem pengisian daya listrik ke baterai.

Ketika dilambangkan dengan warna merah dan nyala terus menerus, berarti ada kendala pada mobil pengguna seperti alternator, regulator dan kabel-kabel penghubung kelistrikan yang mungkin saja mengalami kerusakan.

Engine check

Simbol engine check bergambar mesin menandakan ada masalah di mesin. Terutama pada bagian sensor yang terbaca oleh komputer mobil atau ECU.

Untuk mengetahui pasti titik masalahnya, dipetlukan pembacaan menggunakan alat On Board Diagnostic oleh teknisi ahli.

Oil pressure

Logo bergambar oli ini memberikan informasi kepada pengguna mengenai kondisi tekanan oli pada mobil. Apabila menyala, sebaiknya segera berhenti dan tambahkan oli agar tanda peringatan segera mati dan tidak menimbulkan masalah berkepanjangan.

Safety belt indicator

Indikator ini sering dianggap ‘menyebalkan’ karena diiringi dengan bunyi dan tidak akan berhenti sebelum penumpang depan menggunakan sabuk pengaman. Dengan begitu keselamatan penguna lebih optimal

Brake indicator

Kendaraan yang hadir dengan rem parkir electric biasanya terdaoat dua indikator di mobil ini, berbentuk lingkaran dengan tanda seru di bagiah tengah yang ditampilkan dengan warna kuning dan merah.

Ketika warna kuning aktif, berarti terdapat masalah kelistrikan pada rem parkir elektrik. Sementara warna merah untuk menandakan rem parkir sedang digunakan. Namun jika sudah tidak digunakan masih menampilkan warna merah, berarti ada masalah penting pada sistem pengereman.

Airbag indicator

Kendaraan penumpang era kini kebanyakan sudah dilengkapi dengan airbag yang indikatornya ditunjukan dengan simbol orang duduk dengan memakai safety belt dengan lingkaran di depannya. Jika tanda peringatan menyala berwarna merah, berarti ada masalah pada sistem airbag mobil.

Traction control

Indikator traction control hadir dengan dua logo mobil tergelincir. Salah satunya terdapat tulisan off. Logo dengan tulisan off menandakan bahwa traction control sedang non aktif. Sementara ketika logo yang tanpa tulisan OFF menyala, berarti ban mobil pengguna sedang kehilangan traksi.

Anti-lock braking system

Tanda peringatan ini umumnya bertuliskan ABS di dalamnya untuk memberitahkan kalau rem ABS pada mobil sedang aktif. Namun bila pengguna tidak melakukan pengereman tetapi logo tetap menyala, berarti terjadi masalah pada perangkat ini.

Engine overheat

Indikator dilambangkan dengan barisan gelombang yang ditengahnya terdapat simbol temperatur. Jika mesin terlampau panas, lampu peringatan akan berkedip. Sebaiknya segera berhetikan kendaraan di tempat aman dan matikan mesin untuk istirahat.

Sistem immobilizer

Tanda dengan lambang kunci ini berhubungan dengan sistem immobilizer. Artinya, mobil mendeteksi adanya kunci mobil yang seharusnya digunakan. Bila tanda tersebut menyala, berarti ada kunci Smart Key atau kunci mekanis yang tidak terbaca.

Apabila indikator-indikator di atas terus menyala, segera bawa kendaraan mu ke dealer resmi Mitsubishi yang menyediakan fasilitas service. Kini seluruh dealer Mitsubishi Sun Motor telah dilengkapi dengan fasilitas 3S berikut

Dealer Mobil Mitsubishi Jakarta Selatan – Sales, Service, Spare Part

Semua tanda tersebut sebenarnya akan aktif ketika mobil baru dinyalakan. Namun akan mati kembali setelah beberapa saat. Artinya kondisi mobil dalam keadaan sehat.

Lakukan pengecekan rutin berstandar dan prosedur resmi di bengkel resmi Mitsubishi untuk memastikan kondisi kendaraan selalu dalam kondisi yang baik.

Anda dapat melakukan booking servis di bengkel resmi Mitsubishi Sun Motor Jabodetabek dengan menghubungi langsung ke nomor berikut dan informasikan tanggal dan waktu kedatangan untuk mengetahui ketersediaan slot servis di cabang tujuan.


Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)