For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
10 Hal Penting Yang Harus Ada di Mobil Mu

10 Hal Penting Yang Harus Ada di Mobil Mu

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2019 jumlah kendaraan bermotor di Indonesia menyentuh angka hingga 15.592.419 unit. Banyak dari masyarakat yang menggunakan mobil sebagai alat untuk mobilitas, termasuk berkendara jarak jauh hingga lintas kota untuk melakukan berbagai keperluan.

Namun kita tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi pada setiap perjalanan. Selalu ada resiko baik kecil hingga besar yang harus dihadapi. Jadi ada baiknya agar pengendara bersiap-siap terhadap berbagai kemungkinan tersebut dengan menyiapkan beberapa perlengkapan untuk disimpan di mobil Anda.

Glovebox Essential Pack

Glovebox merupakan kompartemen yang ada di bagian dasbor mobil. Simpan semua item kecil berguna yang biasanya Anda butuhkan di konsol tengah. Termasuk buku catatan kecil, pena, kunci cadangan rumah, senter, dokumen penting, charger handphone, tisu dan buku manual pemilik.

Kotak P3K

Kotak P3K sangat berguna sewaktu-waktu terdapat kebutuhan medis waktu dalam perjalanan. Untuk mendapatkan P3K Anda dapat membuatnya sendiri atau membeli yang sudah jadi. Simpan di tempat yang mudah dijangkau dan periksa secara teratur untuk memastikan bahwa peralatan atau obat-obatan belum kadaluwarsa.

Ban Serep

Selalu bepergian dengan ban serep di bagasi Anda, dan pastikan ban tersebut siap digunakan jika Anda mengalami ban kempes. Di Indonesia, merupakan sebuah kewajiban untuk memiliki ban serep dalam Pasal 57 dari Undang-Undang (UU) No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Penting untuk diingat bahwa ban serep sebaiknya hanya digunakan dalam situasi darurat dan untuk jarak yang sesingkat mungkin.

Segitiga Pengaman

Jika mobil mogok, atau perlu mengganti ban kempes, letakkan segitiga pengaman merah di jalan (35-40m) sebelum mobil Anda berhenti. Ini berguna untuk memberi pengemudi lain terutama pada malam hari atau dalam kondisi yang sangat berkabut atau mendung yang mengakibatkan visibilitas berkurang. Jika Anda memang harus berhenti di sisi jalan, pastikan Anda selalu menyalakan lampu hazard, dan hanya keluar dari kendaraan dari sisi kiri.

Dalam Undang-Undang (UU) No.22 tahun 2009 pasal 274 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dijelaskan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau pengguna kendaraan bermotor tidak memiliki perlengkapan segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling paling banyak Rp250.000.

Proteksi Matahari

Saat membeli mobil baru, pengguna ingin melakukan semua hal untuk melindungi jok dan interior untuk menjaga penampilan dan nilai jual kembali mobil tersebut dari waktu ke waktu. Tabir surya misalnya, mampu memberikan perlindungan dari panas matahari. Gunakan tabir surya atau tirai yang telah dirancang untuk mengikuti kontur jendela interior model Anda. Carilah produk yang memiliki tiengkat reflektif tinggi namun tetap mudah untuk disimpan.

Selain melindungi mobil Anda, sekalian juga memasukkan kacamata hitam dan sebotol tabir surya untuk pengguna mobil. Pastikan untuk disimpan jauh dari sinar matahari langsung agar tida cepat kadaluwarsa.

Kit Pembersih

Agar mobil tetap terlihat bagus, Anda pasti ingin membersihkan makanan dan minuman yang tumpah di mobil Anda. Namun sayangnya, beberapa produk pembersih dan tisu komersial dapat merusak interior mobil, sebaiknya simpan kit pembersih kecil khusus untuk material mobil di bagasi Anda. Tambahkan sedikit air, sabun dan kain lembut yang dapat digunakan untuk membersihkan jok. Juga beberapa kantong plastik untuk membuang sampah atau kotoran apa pun.

Permadani Perjalanan

Selain berguna untuk piknik spontan atau perjalanan taman dengan anak kecil, karpet perjalanan bisa sangat membantu jika Anda perlu membungkus barang atau melindungi interior Anda dengan cara apa pun.

Ponsel Cadangan

Perangkat ini cukup penting bila Anda berpergian jauh. Untuk situasi darurat, akan sangat membantu untuk menyimpan telepon cadangan yang dayanya selalu terisi penuh dan memiliki pulsa serta provider jaringan yang luas seandainya telepon utama pengemudi kehabisan baterai atau mengalami masalah teknis.

Untuk alasan yang sama, ada gunanya juga untuk menyimpan uang receh di glovebox mobil jika pengguna perlu melakukan panggilan dari telepon umum.

Tas Belanja

Saat ini minimarket dan beberapa pusat perbelanjaan sudah melarang penggunaan kantong sekali pakai dan mewajibkan pengunjung untuk membawa kantong belanja masing-masing. Maka dari itu pentinng untuk memiliki tas belanja sendiri yang bisa digunakan berkali-kali. Anda akan selalu siap jika perlu mengunjungi supermarket – dan Anda juga akan melakukan kontribusi untuk memperbaiki lingkungan.

Apabila Anda baru ingin memiliki mobil, Anda bisa menghubungi layanan WhatsApp di dealer resmi Sun Motor di 0821 9007 7777. Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait promo, harga, angsuran hingga penawaran spesial di sini.


Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)