For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
5 Teknik Berkendara Menyenangkan dan Aman di Medan Off Road

5 Teknik Berkendara Menyenangkan dan Aman di Medan Off Road

Jika berbicara off-road banyak orang akan membayangkan gambaran perjalanan yang sulit, ditambah ujian keterampilan pengemudi yang akan mempengaruhi kesenangan berkendara.

Namun terlepas dari pengalaman menyenangkan dan menantang, ada hal yang sama pentingnya bagi pengemudi untuk memiliki pengetahuan dan keahlian dalam petualangan off-road untuk memastikan keselamatan diri mereka sendiri dan rekannya. Karena berkendara off-road itu tidak senyaman berkendara di jalan permukaan datar seperti dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ada beberapa teknik penting untuk berkendara ke medan off road yang bisa Anda simak.

Persiapan

Mengemudi off-road adalah tantangan yang tidak boleh diremehkan, jadi rencanakan perjalanan Anda dengan matang. Sangat penting untuk menyiapkan peralatan dan kendaraan untuk yang sesuai.

Dianjurkan untuk menyiapkan daftar periksa untuk perjalanan. Mulai dari tangki bahan bakar cadangan, tali derek, ban serep, kit pengganti ban, pompa udara portabel, air minum, senter, dan lainnya.

Kurangi tekanan ban

Cara termudah untuk meningkatkan performa berkendara off-road yaitu dengan mengurangi tekanan ban. Hal tersebut juga meningkatkan kenyamanan kabin sepanjang perjalanan. Selain itu, ada banyak keuntungan mengurangi tekanan ban, diantaranya

  • Semakin luas permukaan ban yang menyentuh medan jalan, semakin memungkinkan mobil untuk mendistribusikan berat dengan sangat seimbang.
  • Ban akan mampu menyerap benturan lebih banyak. Ini akan membantu melindungi roda dan bagian lainnya waktu kendaraan melaju di jalan yang kasar.
  • Menurunkan tekanan ban akan memberi Anda perasaan berkendara yang lebih mulus dan nyaman saat Anda menjalani petualangan yang intens. Ban yang agak empuk memberikan cengkeraman di jalan yang kasar dan mengurangi benturan pada saat yang bersamaan.

Mengemudi dengan kecepatan rendah jangan terburu-buru

Mengemudi dengan cepat berarti Anda akan memiliki lebih sedikit waktu untuk bereaksi terhadap lingkungan Anda secara tidak terduga. Serta butuh waktu lebih lama apabila tiba-tiba Anda ingin berhenti.

Berkendara dengan cepat di medan off-road berpotensi meningkatkan kerusakan pada kendaraan bahkan lebih jika Anda melewati rintangan atau ketika itu bertabrakan dengan apa pun.

Namun bila mengemudi dengan kecepatan rendah memungkinkan suspensi mengatasi benturan dengan lebih baik. Bahkan bisa membuat pengalaman mengemudi lebih lancar dan lebih nyaman. Selain itu, Anda punya banyak waktu untuk memeriksa lingkungan sekitar Anda dan cukup waktu untuk menanggapi situasi yang tidak terduga.

Pilih rute terbaik setiap saat

Setiap kali Anda pergi, pelajari rute dengan hati-hati untuk keselamatan Anda sendiri. Cobalah untuk mempelajarinya medan petualangan dan cermati tempat-tempat yang perlu diwaspadai, seperti tikungan, belokan, tanjakan terjal dan lain-lain agar perjalanan lancar.

Pahami cara mengemudi di permukaan jalan yang berbeda.

Permukaan jalan yang berbeda membutuhkan teknik dan fungsi mengemudi yang berbeda.

  • Permukaan Pasir. Faktor kunci dalam berkendara off-road berpasir adalah menjaga keseimbangan kendaraan dan menjaga putaran mesin (RPM) tetap tinggi. Karena jika mengemudi dengan lambat atau tidak menggerakkan roda akan meningkatkan resiko mobil tenggelam di pasir. Selanjutnya ketika hendak parkir, Anda harus menunggu mobil berhenti sendiri sebelum mematikan mesin agar roda tidak tenggelam ke pasir.
  • Permukaan berlumpur. Saat Anda berkendara di jalan licin, seperti lumpur, kerikil, rumput basah, sangat penting untuk mengontrol mobil Anda untuk mencegah tergelincir dengan mengurangi kecepatan dan menjaga mesin tetap stabil.
  • Permukaan bebatuan. Untuk berkendara di medan berbatu yang kasar, sebaiknya hanya mengemudi dalam mode rasio rendah. Teknik ini akan memungkinkan Anda memanjat bebatuan tanpa merusak mobil dan merubah medan yang ditempuh. Selain itu, kaki-kaki mobil juga bisa mencengkeram jalan dengan lebih efektif.

Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)