For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Anti Mundur di Tanjakan, Ini Pentingnya Fitur Hill Start Assist Pada Mobil

Anti Mundur di Tanjakan, Ini Pentingnya Fitur Hill Start Assist Pada Mobil

Bagi beberapa pengemudi, berkendara di medan berbukit dipandang sebagai bentuk manuver yang menakutkan. Namun sayangnya, kontur jalan seperti itu sering ditemui di tanah air.

Untuk pengendara yang berpengalaman, mungkin hal itu bukan masalah. Tetapi bila Anda merupakan pengemudi pemula, ada baiknya untuk terus berlatih sebelum menemui jalan dengan kontur yang ekstrim.

Namun dengan bantuan teknologi yang sudah semakin canggih, kini ada sebuah fitur yang umum pada kendaraan bernama Hill Start Assist. Apa itu?

Hill Start Assist adalah sebuah teknologi bantuan pengemudi yang bekerja saat kendaraan berhenti di tanjakan dan harus melaju lagi. Kontrol Hill Start Assist dapat mencegah mobil merosot ke belakang dengan menahan rem selama beberapa detik ketika Anda melakukan manuver di antara pedal rem dan akselerator.

Beberapa versi Hill Start Assist juga dapat mencegah mobil Anda meluncur ke depan saat menurun. Fitur ini tersedia di semua model MG yang bisa kamu dapatkan melalui promo MG 2021 UpGreat Deal berupa gratis garansi selama 5 tahun, gratis perawatan selama 4 tahun, gratis voucher Thule Rp 2 juta dan gratis MG Hygiene Kit.

Bagaimana cara Hill Start Assist bekerja?

Fitur itu bekerja dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi lingkungan waktu kendaraan berada di tanjakan atau turunan. Sistem akan mempertahankan tekanan rem selama jangka waktu tertentu ketika Anda berlaih dari rem ke pedal gas. Setelah Anda menekan pedal gas, Hill Start Assist akan melepas rem dan memungkinkan pengemudi untuk terus mendaki.

Perlu dicatat bahwa Hill Start Assist tidak meningkatkan traksi mobil, tetapi hanya untuk mencegah mobil merosot.

Untuk menggunakan fitur ini, pengemudi hanya perlu mengendara seperti biasa. Ketika pengemudi mencapai titik di mana harus berhenti, pegang rem seperti biasa. Lalu saat hendak menanjak kembali, pengemudi bisa melepas rem dan menginjak pedal gas. Mobil akan tetap berhenti alih-alih mundur ke belakang pada peralihan itu.

Manfaat Hill Start Assist

Manfaat Hill Start Assist adalam membuat pengemudi dalam situasi dan kondisi tertentu jadi lebih mudah. Juga dapat mempromosikan aktifitas mengemudi yang lebih aman. Terdapat banyak risiko cidera atau kecelakaan jika mobil yang dikendarai terguling ke belakang, jadi Hill Start Asisst ini cukup penting eksistensinya pada mobil yang kamu miliki.

Selain itu, fitur ini juga bisa menguntungkan pengemudi lain sesama pengguna jalanan terutama yang berada di belakang mobil Anda. Oleh karena itu, Hill Start Assist menjadi fitur standar yang semakin umum pada mobil modern.

Manfaat lain teknologi ini juga dapat membantu mencegah keausan dari komponen lain dari kendaraan, seperti rem tangan. Karena fitur itu menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan bagian-bagian tertentu secara berlebihan.

Keausan kopling juga bisa berkurang pada kendaraan dengan transmisi manual karena tidak perlu menggunakan kopling saat mengemudi di tanjakan. Lalu fitur itu juga mengeurangi tekanan pada mesin dan drive train, karena kedua komponen itu tidak perlu menangkal gerakan mundur mobil untuk meningkatkan kecepatannya.

Untuk pembelian mobil Morris Garage pelanggan bisa mengikuti penawaran spesial kredit MG 2021 dengan peluang bunga cicilan paling rendah hingga 0 persen.

Sementara untuk informasi harga MG 2021 Anda bisa mengeceknya di sini. Penawaran dan konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan WhatsApp dealer resmi MG Sun Motor di 0821 9007 7777 atau klik di sini.


Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)