For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Cara Merawat Ban Mobil Agar Berkendara Selalu Optimal

Cara Merawat Ban Mobil Agar Berkendara Selalu Optimal

Merawat mobil merupakan langkah penting untuk menjaga umur pakai kendaraan. Salah satu komponen penting pada kendaraan adalah ban. Komponen ini paling vital karena pengalaman berkendara yang baik hanya bisa dicapai ketika ban dalam kondisi optimal.

Namun bagi beberapa pengguna kerap melupakan perawatan ban, kecuali ban bocor atau kempis. Itu sebabnya dibutuhkan pengecekan secara berkala oleh pemilik mobil agar tetap aman saat berkendara.

Apa saja poin-poin penting yang diperlukan dalam pengecekan si kulit bundar ini? Simak penjelasan berikut.

Lakukan Rotasi Ban

Pada jarak waktu tertentu, melakukan rotasi atau perpindahan posisi keempat ban mobil memang diperlukan. Gunanya agar tingkat keausan ban akan menyebar secara merata, sehingga mempengaruhi kenyamanan berkendara. Ada banyak cara melakukan rotasi ban, disesuaikan dengan jenis ban yang digunakan. Rotasi ban ini direkomendasikan untuk dapat dilakukan tiap kelipatan 10.000km.

Cek Tekanan Angin

Poin ini adalah poin pertama yang sangat mendasar dari rutinitas pengecekan ban. Anda dapat dengan mudah melihat sekeliling mobil, apakah ada ban yang kempes atau anginnya berkurang. Selain demi kenyamanan, tekanan angin yang sesuai dengan peruntukannya akan membuat usia ban lebih panjang dan juga hemat bahan bakar. Jika tekanan angin pada ban kurang, maka resiko untuk mengalami pecah ban lebih besar. Karena dinding samping ban tidak akan kuat menahan bobot mobil jika tekanan anginnya kurang. 

Ukuran Standar Tekanan Angin 

Untuk melihat ukuran tekanan angin sesuai standar pabrikan, Anda bisa melihat pada stiker yang biasanya terdapat pada dinding bagian kanan pintu depan mobil, pada kursi pengemudi. Atau biasanya juga tersedia informasinya pada buku manual kendaraan. Jika tertera ukuran standar yang dianjurkan adalah 30, 35 atau 40 psi, Anda bisa menaikkan hingga 10 persen lebih banyak dari rekomendasi pabrik. Tapi jangan sampai kurang dari tekanan yang direkomendasikan pabrikan ya, jangan juga sampai lebih besar terlalu banyak.

Perhatikan Muatan Beban Kendaraan 

Usia ban juga ditentukan oleh gaya berkendara Anda, salah satunya dengan menjaga kapasitas beban sesuai dengan yang dianjurkan. Jangan melebihi kapasitas beban angkut karena akan mengganggu fungsi ban dan juga pengereman. Akibatnya keselamatan dan kenyamanan berkendara akan terancam.

Selain itu, gaya mengemudi Anda akan menentukan kondisi ban. Contohnya jika Anda terlalu sering melakukan pengereman dan menikung di kecepatan tinggi. Maka kondisi ban akan cepat aus, selain itu juga gaya mengemudi seperti itu lebih berbahaya.

Rutin Lakukan Spooring – Balancing

Setiap kendaraan juga diharuskan untuk melakukan pengecekan berkala terhadap kondisi kelurusan ban. Mungkin lebih dikenal dengan istilan spooring dan balancing. Idealnya perawatan spooring dan balancing ini dilakukan setiap 10.000 km ya. Bisa juga ketika Anda merasakan setir mobil terasa bergetar atau sudah tidak lurus (center) lagi. Atau jika Anda melepas setir, kemudian mobil akan cenderung berbelok sendiri entah ke kanan atau ke kiri. Nah, itu berarti sudah saatnya ban mobil untuk dilakukan spooring dan balancing.

Nah, sudah paham pentingnya merawat ban? Untuk konsumen Mitsubishi tidak perlu kawatir karena akan dimanjakan dengan beragam layanan yang disediakan MMKSI. Konsumen dapat memperoleh promo Mitsubishi berupa gratis perawatan jasa dan service spare part hingga 50.000 KM atau selama empat tahun.

Selain itu, untuk memudahkan konsumen yang ingin mendapatkan mobil Mitsubishi terdapat penawaran menarik berupa cicilan Mitsubishi dengan bunga rendah hingga 0 persen. Info lebih lanjut hubungi layanan whatsapp resmi Mitsubishi Sun Motor di 0821 9007 7777 atau klik di sini.


Baca juga:

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)