For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Cara Merawat Mobil Transmisi Otomatis

Cara Merawat Mobil Transmisi Otomatis

Saat ini mobil dengan transmisi otomatis banyak digemari oleh masyarakat. Karena penggunaannya yang mudah tanpa harus pusing mengganti kopling waktu berkendara. Apalagi di kota besar yang jalanannya cenderung padat, menggunakan transmisi otomatis akan sangat membantu pengemudi.

Terlepas dari seluruh kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan transmisi otomatis, tentu saja pengguna mobil harus merawatnya dengan baik agar umur pakainya bisa tahan lama. Sebab bila tidak terawat dengan baik, bukanlah tidak mungkin pemilik mobil harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk memperbaikinya. Nah, berikut ada beberapa tips untuk merawat mobil bertransmisi otomatis.

Ganti oli transmisi

Idealnya setiap 20.000 km harus dilakukan pengecekan berkala untuk oli transmisi otomatis. Apabila ditemukan kekurangan pada tingkat oli, sebaiknya segera ditambah agar terhindar dari kerusakan sistem transmisi. Oli roda gigi juga harus digunakan dengan benar sesuai dengan jenis transmisi. Jangan mencampurnya. Karena masing-masing jenis persneling menggunakan minyak dengan viskositas berbeda.

Pindahkan ke posisi N waktu berhenti

Agar transmisi matik pada mobil tetap awet dan tahan lama sebaiknya perhatikan juga cara penggunaannya. Misalnya ketika berhenti di lampu merah atau macet yang cukup lama, ada baiknya posisikan tuas transmisi pada posisi netral (N). Sebaliknya, jika posisi tuas transmisi di posisi Drive (D) hal ini memicu kanvas kopling mobil terus bergesekan.

Apabila kendaraan dipergunakan pada medan operasi yang berat maka pemeriksaan harus dilaksanakan lebih sering dari jadwal standar yang ada di buku manual kendaraan. Adapun yang dimaksud dengan penggunaan kondisi berat ini antara lain sebagai berikut.

  • Mobil sering digunakan di daerah berdebu atau di area yang terkena udara laut atau air garam.
  • Berkendara di jalanan kasar atau rusak, jalan yang terendam (banjir) atau perbukitan.
  • Berkendara di daerah dingin
  • Mesin idling dalam waktu lama atau sering perjalanan jarak pendek terutama pada cuaca dingin.
  • Sering melakukan pengereman mendadak
  • Digunakan untuk menderek trailer
  • Digunakan sebagai taksi atau sebagai kendaraan sewaan
  • Lebih dari 50% dioperasikan di jalanan kota yang macet pada suhu panas sekitar 32 derajat atau lebih
  • Lebih dari 50% dioperasikan pada kecepatan tinggi 120 km/jam atau lebih pada suhu panas sekitar 30 derajat atau lebih
  • Dioperasikan dengan beban berlebihan

Penggantian pelumas ini dilakukan agar sistem transmisi tetap terlumasi dengan baik, karena pelumas juga memiliki masa pakai yang akan berkurang fungsinya seiring waktu pemakaian. Ketika melakukan penggantian oli transmisi, gunakanlah oli yang memang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Hindari posisi P waktu berhenti sesaat

Hindari memindahkan tuas transmisi ke posisi Parking (P) ketika lampu merah atau berhenti sesaat, karena itu menimbulkan banyak gesekan ketika tuas transmisi dipindahkan lagi menuju posisi D. Posisi P sebaiknya hanya digunakan saat parkir saja.

Selain itu jika kecelakaan terjadi secara tidak terduga, ada resiko berdampak untuk roda gigi. Pasalnya, sistem persneling P akan mengunci roda gigi.

Kenali transmisi matik bermasalah

Ketika merawat mobil bertransmisi otomatis maka Anda juga harus mengenali tanda-tanda jika transmisi matik ini bermasalah. Pertama adalah ketika melakukan perpindahan tuas dari posisi P ke N, atau D, dan R apakah terasa kasar dan ada bunyi keras yang mengganggu. Kalau ada tanda-tanda seperti itu berarti sudah saatnya Anda melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi.

Untuk yang baru mempertimbangkan mau membeli mobil transmisi otomatis atau manual, saat ini terdapat promo untuk setiap pemesanan mobil Mitsubishi Xpander tahun 2021, konsumen dapat memilih untuk menerima promo Mitsubishi Xpander berupa bunga dan DP rendah. Untuk lebih jelasnya dijabarkan sebagai berikut:

Program pilihan pembiayaan melalui PT.Dipo Star Finance (S&K berlaku):

  • DP Ringan mulai 15%, atau
  • Bunga 0% sampai dengan tenor 2 tahun, atau
  • Gratis Asuransi 3 tahun
  • Paket Smart Cash dengan bunga 0% dan gratis asuransi serta biaya admin

Gratis kaca film Konica Minolta

Gratis biaya jasa (sesuai dengan Service Manual Book) hingga 50.000 km atau 4 tahun untuk seluruh varian

Gratis Paket SMART SILVER untuk Perawatan/Servis Berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun

Suku cadang (sesuai dengan Service Manual Book)

  • Oli MMGO (sesuai dengan Service Manual Book)
  • Chemical item: brake fluid & engine flush (sesuai dengan Service Manual Book)

Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)