For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Cara Rumahan Menghilangkan Ragam Bau di Mobil

Cara Rumahan Menghilangkan Ragam Bau di Mobil

Semua orang tentu ingin menjaga kabin mobilnya tetap wangi. Namun, terkadang ada saja bau tidak sedap hinggap di dalam mobil. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas beberapa penyebab umum dari bau tak sedap dalam mobil dan cara menghilangkannya.

Cara memeriksa bau yang tersembunyi

Penting bagi pemilik mobil untuk mencari apa pun yang menyebabkan bau tidak sedap dalam kendaraannya. Mungkin aroma tersebut berasal dari panel-panel, bawah kursi, tikar bahkan dalam kompartemen penyimpanan.

Jika memiliki anak kecil, cobalah periksa apakah ada botol di kursi belakang, bekas buah atau wadah makanan atau mungkin noda kotor pada karpet mobil.

Segera singkirkan barang-barang tersebut, dan bersihkan tempat dimana Anda menemukannya. Jangan lupa bahwa terkadang bau yang tidak enak itu menjadi tanda bahwa mobil terlalu lama dibawah terpaan panas.

Cara membersihkan karpet dan jok mobil

Bila Anda tidak dapat menemukan sumbernya, gunakan penyedot debu mobil. Karpet, sarung jok dan kompartemen mobil sering kali menjadi biang sumber bau. Vakum setiap sudut dan celah-celah.

Jika tidak berhasil, cobalah bersihkan dengan uap. Gunakan alat khusus pembersih mobil untuk memudahkan. Jika kursi-kursi Anda menggunakan balutan kulit, maka Anda beruntung karena akan lebih mudah untuk membersihkannya.

Cara menghilangkan bau asap

Merokok dalam mobil akan meninggalkan aroma khas yang tidak dapat dibersihkan dengan cepat. Sebab asap roko dapat masuk ke mana saja, bahkan ke saluran udara.

Gunakan penghilang bau pada ventilasi dan pada katup masuk di bawah kap mesin. Buka juga semua jendela dan pintu agar udara dalam mobil dapat ditukar dengan udara luar yang segar.

Ketahui pula bahwa asap rokok akan meninggalkan tar yang merupakan zat yang dapat hinggap di dalam mobil. Kalian dapat membersihkannya dengan kombinasi air dan 50% cuka. Jika baunya tetap ada, campurkan juga sedikit cairan pencuci piring. Setelah selesai, keringkan permukaan dengan kain.

Cara menghilangkan bau hewan

Hewan peliharaan seringkali meninggalkan aroma di dalam mobil, apabila tidak segera dibersihkan maka mungkin harus melakukan pembersihan menyeluruh.

Gunakan larutan 1:1 air dan cuka untuk nodanya, lalu bersihkan dengan penyedot debu. Bila masih kurang amph, taburkan soda kue karna soda kue mampu menyerap bau.

Cara menghilangkan bau jamur

Jamur adalah salah satu penyebab paling umum aroma tidak enak dalam kabin. Kebocoran kecil saja sudah cukup untuk menghasilkan jamur. Untungnya, membersihkan jamur cukup mudah.

Penyedot depu dapat membantu menghilangkan residu air dari karpet dan jok. Jika tidak memilikinya, gunakan saja pengering rambut.

Namun lain halnya bila penyebabnya adalah kebocoran kecil, cobalah periksa dibawah lantai hingga tempat menyimpan ban serep. Anda mungkin butuh bantuan profesional dalam masalah ini.

Cara menghilangkan bau AC

Cek apakah ada bagian yang lembab dekat AC atau mungkin tercium bau tidak sedap, bila iya, buka penutup depan dan lepaskan filter.

Gunakan bantalan gosok nilon untuk menghilang pertumbuhan jamur, lalu lap dengan kapas dan panaskan mesin mobil agar benar-benar kering.

Setelah itu, oleskan larutan antijamur khusus mobil dan penyerap bau. Anda juga bisa menaburkan soda kue dan didiamkan selama satu hari sebelum menyedot debu. Pada waktu tersebut, baunya seharusnya sudah hilang.

Jika Anda tidak tau penyebabnya, namun berasal dari titik tertenu, cobalah lepas karpet dan buka pintu sebentar. Perlu dicatat, debu juga dapat menumpuk dalam ventilasi dan menyebabkan bau apek pada kendaraan. Namun jika tidak ada perubahan, mungkin Anda perlu membawanya ke tempat cuci mobil profesional.

Bila dirawat dan dibersihkan secara rutin, mobil Anda akan nyaman digunakan. Pasang pengharum mobil namun jangan yang wanginya terlalu kuat, agar udara dalam mobil terasa sehat dan sejuk.

Sekarang Anda telah mengetahui bau mobil yang paling umum serta cara menghilangkannya. Apabila Anda tertarik untuk mobil baru, dapatkan promo mobil Mitsubishi di sini.


Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)