For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Daftar Kebiasaan Buruk Waktu Berkendara, Apa Saja?

Daftar Kebiasaan Buruk Waktu Berkendara, Apa Saja?

Semua orang mungkin bisa mengemudi, namun tidak semuanya bisa mengemudi dengan baik. Terkadang waktu berkendara, sering kali pengemudi melamun dan tiba-tiba tanpa sadar telah sampai di tempat tujuan. Meskipun hal itu tidak menimbulkan masalah, tetap saja beresiko untuk keselamatan diri.

Alangkah baiknnya waktu mengemudi Anda memiliki kesadaran penuh dan dalam kondisi prima untuk berkendara. Kebiasaan kecil yang tidak baik bisa berdampak buruk di kemudian hari. Tetap aman di jalan adalah tentang mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik seperti beberapa contoh berikut.

Menyetir

Buruk: salah memegang setir.

Semua orang suka merasa senyaman mungkin saat berada di belakang kemudi, meskipun terkadang kenyamanan ini mengorbankan keselamatan. Meskipun mungkin Anda merasa lebih memegang kendali, selalu usahakan ibu jari tetap berada di luar roda kemudi. Jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, yang menyebabkan roda tersentak atau berputar, tangan Anda dapat cedera. Bayangkan roda kemudi adalah sebuah jam, dan letakkan agar tangan Anda pada pukul sepuluh dan dua adalah yang paling aman dan memberi Anda kendali paling besar.

Kebiasaan Baik: menyesuaikan pengaturan roda kemudi

Sebelum melakukan perjalanan, lakukan short trip untuk memastikan tidak ada yang salah – ban mengembang dan memiliki tapak yang cukup, lampu dan kaca spion berfungsi dengan baik. Setelah berada di dalam mobil, pastikan kursi dan roda kemudi Anda pada posisi yang ideal dan spion Anda telah disesuaikan sehingga Anda memiliki ruang pandang seluas mungkin.

Cuaca basah

Kebiasaan Buruk: berkendara terlalu cepat dalam cuaca buruk.

Meskipun Anda mungkin tahu jalan menuju tempat kerja (atau rumah), faktor lingkungan yang berbeda seperti hujan dapat mengubah kondisi secara drastis. Anda mungkin merasa aman untuk melakukan perjalanan pada batas kecepatan biasa, namun dengan kondisi jalan yang licin, ditambah dengan berkurangnya jarak pandang akibat hujan, ada baiknya untuk mengurangi pedal gas sejauh lima atau sepuluh kilometer.

Kebiasaan Baik: tingkatkan visibilitas Anda.

Meskipun mengemudi di tengah hujan waktu siang hari, disarankan untuk menyalakan lampu depan sehingga lalu lintas yang datang dapat melihat kendaraan Anda dari jauh. Terutama jika hujan semakin deras yang dapat mengurangi jarak pandang.

Bahan bakar

Kebiasaan Buruk: Membiarkan tangki bahan bakar kosong.

Meskipun mudah untuk menemukan diri Anda terlalu sibuk untuk berhenti dan mengisi tangki sampai lampu bahan bakar menyala untuk beberapa saat, penting untuk memastikan bahwa mobil Anda selalu memiliki seperempat tangki bahan bakar. Karna bila dibiarkan kosong, Anda memaksa mesin untuk mengambil sedimen yang mengendap di bagian bawah tangki. Selain itu bila ternyata pengukur bahan bakar Anda tidak akurat, mobil tersebut bisa rusak dan berakhir terdampar di tengah jalan.

Kebiasaan Baik: Bersiap untuk situasi apa pun.

Kumpulkan perlengkapan darurat yang disimpan di bagasi mobil, termasuk barang-barang seperti air bersih, obor, kotak P3K, dan segitiga peringatan reflektif. Agar sewaktu-waktu dibutuhkan, tidak perlu repot untuk mampir atau bahkan mencari-cari tempat yang menjual perlengkapan tersebut.

Ponsel

Kebiasaan Buruk: terganggu oleh teknologi.

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mendengarkan lagu favorit saat mengemudi. Namun, mendengarkan musik dengan volume yang terlalu tinggi bisa berbahaya. Jika musiknya terlalu keras, kemampuan Anda untuk mendengar hal-hal yang terjadi di sekitar akan berkurang, seperti klakson mobil lain atau sirene. Jangan sampai pengemudi hanya memiliki sedikit atau tanpa peringatan sewaktu-waktu perlu untuk bereaksi dengan cepat. Demikian pula, jika membawa ponsel di dalam mobil jangan sampai mengalihkan pandangan hanya untuk membalas pesan atau mengangkat telepon karena akan sangat berbahaya bagi pengemudi, penumpang atau pun lingkungan sekitar.

Kebiasaan Baik: gunakan teknologi untuk keuntungan Anda.

Hampir semua mobil baru dalam jajaran Mitsubishi memiliki fitur teknologi bawaan untuk keamanan dan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Pastikan Bluetooth ponsel Anda selalu berfungsi dan tersambung dengan benar, sehingga Anda dapat mengontrol panggilan dari dasbor atau bahkan roda kemudi. Sehingga dapat menghindari diri Anda dari godaan untuk menyentuh ponsel.

Dalam rangkaian terbaru Mitsubishi, tautan Smartphone Display Audio bertindak sebagai perpanjangan dari Smartphone Anda. Terhubung ke tampilan kendaraan Anda, Anda dapat mengakses Aplikasi ponsel yang kompatibel dan mendapatkan petunjuk arah, melakukan panggilan, mengirim dan menerima pesan, serta mendengarkan musik sambil tetap fokus pada jalan di depan.


Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)