For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Hati-Hati, Ini 4 “Titik Buta” Truk

Hati-Hati, Ini 4 “Titik Buta” Truk

Berkendara di jalan raya wajib hukumnya untuk mengoptimalkan visibilitas meskipun tidak semua sudut dapat terpantau jelas. Sudut-sudut tersebut sering disebut sebagai blind spot.

Blind spot adalah titik-titik area di luar kendaraan di mana pengemudi tidak bisa melihat kendaraan lain saat berkendara, baik melalui spion atau kaca samping kendaraan. Biasanya, setiap kendaraan memiliki titik blind spot yang berbeda-beda. Tergantung dimensi kendaraan yang digunakan.

Truk merupakan jenis kendaraan yang banyak memiliki blind spot. Sebab, truk memiliki dimensi yang besar, serta ruang kargo. Truk sendiri memiliki empat blind spot di bagian depan, sisi kiri, sisi kanan dan belakang.

  1. Bagian depan truk. Blind spot ini berjarak sekitar 2 meter dari bagian depan, di bagian bawah jendela utama. Sangat berbahaya bagi pengendara lain, terutama kendaraan roda dua bila berkendara terlalu dekat karena supir tidak dapat melihatnya.
  2. Bagian kiri truk. Blind spot ini berjarak tiga meter atau membentang hingga tiga lajur lalu lintas sebelah kiri. Titik ini susah dilihat oleh pengemudi karena posisi menyetir ada di sebelah kanan. Maka dari itu, biasanya seorang sopir truk memiliki kawan berkendara yang bertugas untuk memantau sekeliling mobil.
  3. Bagian sisi kanan truk. Blind spot pada sisi bagian kanan ini biasanya dimulai dari samping kabin kanan dan membentang sepanjang bagian kanan truk hingga melebar tiga jalur lalu lintas sebelah kanan. Meskipun mampu dilihat cukup jelas situasi sisi kanan truk, namun terdapat beberapa titik yang merupakan blind spot pengemudi.
  4. Bagian belakang truk. Blind spot ini menjadi blind spot terbesar karena terhalang oleh ruang kargo dan muatan. Maka dari itu kendaraan lain diharapkan untuk memberikan jarak apabila berkendara di belakang truk. Karena mustahil sopir dapat melihat situasi belakang truk.

Nah, di atas adalah keempat titik blind spot truk yang wajib diketahui para pengendara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Serta untuk tidak berkendara terlalu dekat dengan truk.

Bagi pelanggan yang ingin memiliki truk untuk segala jenis dan bidang usaha, saat ini sedang ada promo FUSO berupa bunga 0%, gratis Gopay Rp 2 juta, free service hingga dua tahun serta extra diskon hingga Rp 3 juta. Informasi tersebut bisa kamu dapatkan melalui layanan whatsapp resmi Truk FUSO Sun Motor di 0821 9007 7777 atau klik di sini.

Baca juga:

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)