For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Posisi Duduk dan Cara Mengemudi Mobil Yang Benar

Posisi Duduk dan Cara Mengemudi Mobil Yang Benar

Sering merasa pegal saat mengendarai mobil kesayangan? Terkadang merubah-rubah posisi duduk pun hanya akan terasa nyaman untuk sesaat. Bila sudah seperti itu, mungkin Anda perlu memperbaiki posisi duduk dan cara mengemudi yang benar.

Pasalnya, tidak semua posisi duduk yang nyaman adalah aman bagi tubuh dan kendaraan. Mungkin faktor tersebut terasa sepele namun sebenarnya cukup penting untuk diperhatikan oleh para pengemudi. Nah berikut adalah cara dan posisi duduk saat mengemudi yang benar

Ergonomis

Perkara duduk adalah hal yang paling utama waktu menyetir. Posisi yang baik adalah dengan memastikan punggung menempel dengan back rest atau sandaran jok. Atur posisi bersandar Anda pada posisi sudut kira-kira 100 hingga 115 derajat.

Dengan duduk pada sudut yang tepat, akan mengurangi tekanan pada punggung bagian bawah. Sehingga mengemudi jadi lebih nyaman, aman dan tidak mudah pegal.

Posisi tangan

Ini berperan penting karena kedua tangan pasti digunakan untuk mengendalikan roda kemudi dan tuas persneling. Posisi tangan yang benar dalam mengudi adalah teguh pada arah jam 9 untuk tangan kiri dan arah jam 3 untuk tangan kanan.

Nah, untuk posisi ini sebenarnya dapat dibantu dengan fitur tilt & telescopic steering yang telah tersedia di banyak mobil zaman sekarang. Termasuk pada model MPV Xpander dan Xpander Cross andalan keluarga. Untuk cek harga mobil Mitsubishi klik di sini.

Kaki tidak menekuk

Memposisikan kaki memang susah dan sering membuat nyeri lutut. Namun selalu usahakan kaki jangan terlalu lurus atau terlalu menekuk kala mengemudi. Selalu setel maju mundur jok pengemudi sesuai panjang kaki pengguna.

Tinggi Kursi

Sebaiknya pengemudi jangan duduk dengan pinggul lebih rendah dari lutut, karena akan menyumbat aliran darah ke kaki. Posisikan pinggul sejajar dengan lutut atau angkat kursi lebih tinggi jika Anda tidak bisa melihat dengan jelas kaca depan. Pada model Mitsubishi Pajero Sport, Eclipse Cross sudah bisa diatur ketinggian kursinya dengan cara elektrik. Anda bisa mendapatkannya melalui kredit Mitsubishi.

Posisi Malam Hari

Rasa berkendara waktu malam dan siang tentu saja berbeda. Begitu juga aktivitas mengemudinya karena visibilitas akan turun dengan rendahnya sumber cahaya. Paling tidak, sesuaikan ketinggian jok sekitar satu atau dua cm lebih tinggi saat malam hari. Agar penglihatan lebih jelas serta mengetahui sudut tikungan. Berkendara juga jadi terasa lebih jelas.

Nah jika posisi duduk saat mengemudi sudah benar maka Anda bisa merasa nyaman sepanjang perjalanan. Apabila berpetualang jauh, jangan lupa untuk istirahat ketika sudah merasa lelah. Faktor keamanan merupakan kunci penting pada setiap pengalaman berkendara. Dengan mengemudi yang baik dan benar, Anda bisa mencegah kecelakaan dan atau cidera pada bagian tubuh yang lebih fatal.

Bagi yang sedang ingin memiliki mobil, saat ini sedang berlaku promo Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross berupa insentif PPnBM hingga 18 juta. Selain itu terdapat pilihan bunga paling rendah hingga 0 persen serta gratis asuransi dan saldo GoPay jutaan rupiah. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan WhatsApp Official Mitsubishi Sun Motor di 0821 9007 7777 atau klik di sini.


Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)