For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Ternyata Gampang! Ini 5 Langkah Ganti Ban Serep Mobil

Ternyata Gampang! Ini 5 Langkah Ganti Ban Serep Mobil

Penting bagi pengemudi untuk mengetahui cara ganti ban serep pada kendaraannya. Hampir setiap pengemudi akan mengalami ban kempes setidaknya sekali dan keterampilan ini dapat membuat pengalaman tidak terlalu merepotkan. Sebelum memulai proses penukaran ban kempes dengan ban serep, ada beberapa langkah persiapan yang harus dilakukan.

Pertama, perlahan setir kendaraan keluar dari jalan raya dan parkir di area yang aman. Area ini harus cukup luas agar Anda bisa bergerak mengitari kendaraan tanpa membahayakan diri sendiri tertabrak pengendara lain. Pastikan lampu darurat Anda menyala sehingga pengemudi lain tahu untuk berhati-hati saat melewati Anda. Selain memasang rem darurat, letakkan batu besar atau tongkat di belakang ban untuk mencegah mobil menggelinding. Jika Anda memiliki tanda peringatan reflektif, letakkan beberapa kaki di belakang mobil Anda untuk keamanan tambahan.

Cara Mengganti Ban Kempes Ke Ban Serep

Untuk memulai proses penggantian ban kempes, cari ban serep dan dongkrak di bagasi kendaraan Anda.

Sebagian besar model kendaraan zaman sekarang menyimpan kedua item ini dalam kompartemen di bawah lantai bagasi. Angkat ban serep dengan hati-hati dan letakkan di atas tanah di dekat ban kempes. Dongkrak mobil biasanya memiliki kunci roda bawaan. Lepaskan kunci roda dari dongkrak dan gunakan untuk melonggarkan tutup hub pada ban yang rusak. Setelah tutup hub dilepas, letakkan di samping.

Setelah tutup hub dilepas dan sebelum Anda menggunakan dongkrak untuk mengangkat roda dari tanah, gunakan kunci roda untuk melonggarkan mur roda pada roda dengan ban kempes.

Penting untuk menyelesaikan langkah ini sebelum menggunakan dongkrak untuk mengangkat roda. Tempatkan kunci roda ke setiap mur dan tekan gagang berlawanan arah jarum jam. Longgarkan mur saja, jangan lepas sepenuhnya. Jika Anda kesulitan melonggarkan mur roda, gunakan kaki atau lutut Anda untuk memanfaatkan pegangan kunci roda.

Langkah selanjutnya untuk mengganti ban kempes adalah menggunakan dongkrak untuk mengangkat roda dari tanah.

Posisikan dongkrak pada bagian kuat kerangka kendaraan Anda. Buku panduan pemilik kendaraan Anda akan memberikan informasi spesifik tentang penempatan dongkrak yang benar pada kendaraan Anda. Putar dongkrak searah jarum jam dengan tangan hingga memenuhi kendaraan. Kemudian, gunakan pegangan dongkrak untuk terus memutar searah jarum jam hingga ban yang rusak berada beberapa inci di atas permukaan tanah.

Setelah kendaraan terangkat, lepas mur roda yang telah Anda kendurkan sebelum menggunakan dongkrak dengan menggunakan kunci roda.

Pastikan untuk menyimpan mur roda di tempat yang aman agar tidak hilang saat mengganti ban. Lepaskan ban kempes dengan hati-hati dan letakkan di tempat yang jauh dari jalan raya. Tempatkan ban serep Anda ke roda dengan melapisi lubang dengan bautnya. Pasang mur roda kembali ke baut dan putar searah jarum jam. Setelah Anda mengencangkan mur roda dengan tangan, gunakan kunci roda untuk memastikan setiap mur roda terpasang erat.

Terakhir, turunkan kendaraan dari dongkrak dengan memutar pegangan berlawanan arah jarum jam.

Lepaskan dongkrak setelah ban serep terpasang dengan aman di tanah. Setelah dongkrak dilepas, gunakan kunci roda untuk mengencangkan mur roda pada ban serep untuk memastikan cukup aman untuk dilalui. Setelah suku cadang terpasang dengan sempurna, pasang kembali dongkrak, lug wrench, tutup hub, dan ban yang kempes ke dalam bagasi kendaraan Anda. Mudah, kan? Tidak perlu lagi menunggu jasa derek mobil atau ke bengkel.


Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)