For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Tips Merawat Mobil Selama Musim Panas

Tips Merawat Mobil Selama Musim Panas

Pengguna mobil harus bisa memperhatikan kondisi mobilnya pada musim panas. Pasalnya, cuaca panas berdampak negatif pada mobil dalam banyak hal. Kita harus merawat mobil dengan baik agar tetap tampil stylish. Berikut adalah beberapa tips merawat mobil selama musim panas.

Sistem pendingin udara

Pemilik mobil perlu mengecek sistem AC atau pendingin udara dalam mobil. Saat musim panas, apakah bisa digunakan secara normal atau tidak. Pastikan bila ada perubahan berarti terdapat masalah pada sistem pendingin kendaraan. Oleh karena itu harus diganti atau dicek secara berkala.

Ban mobil

Cuaca panas sangat berpengaruh pada kondisi ban. Pasalnya, tekanan di dalam ban akan meningkat yang mengakibatkan kontak tanah antara roda dan jalan menjadi lebih sedikit. Hal ini dapat meningkatnya risiko kecelakaan. Oleh karena itu sebaiknya cek kondisi ban untuk keamanannya secara berkala.

Aki mobil

Suhu udara sangat tinggi selama musim panas sering mempengaruhi sistem kelistrikan termasuk aki kendaraan. Oleh karena itu, perlu untuk memeriksa semua sistem sebulan sekali. Apakah kabel dan terminal selalu dalam kondisi baik?

Oli mesin

Memilih oli mesin yang tepat akan membantu untuk mengurangi potensi beban mesin. Selain itu, oli mesin harus diganti secara teratur yang bisa membantu menjaga kondisi mesin agar lebih awet.

Sistem pendingin mesin

Sistem pendingin kendaraan harus diperiksa agar berfungsi normal. Serta rutin memeriksa kondisi radiator dan berbagai sistem agar berada dalam kondisi sempurna.

Segel pintu dan wiper kaca depan

Jika segel pintu dan wiper kaca depan terkena panas ketangguhan dan elastisitas pada karet akan berkurang secara bertahap yang akan membuat wiper menjadi kaku dan menggores kaca. Untuk segel karet pintu, itu akan menyebabkan pintu sulit ditutup Oleh karena itu, sebaiknya cek kondisi bagian-bagian yang berbahan karet dengan baik.

Cara mendinginkan kabin mobil waktu musim panas

Udara panas sering membuat pengemudi tidak sabar untuk segera menghidupkan mobil dan menyalakan AC. Namun tindakan terburu-buru itu akan membuat mobil bekerja lebih keras dari biasanya dan menggunakan bahan bakar lebih banyak. Oleh karena itu, sebelum menyalakan AC, sebaiknya buka kaca dan nyalakan kipas AC untuk mengusir panas. Lakukan ini cukup selama 1-2 menit, dan AC akan lebih dingin dari sebelumnya.


Baca juga

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Chat Sun Motor
Whatsapp dengan CS kami disini :)